Batal Piknik Julit Ke Batu, huft!

by - Juni 15, 2017

Hah kok bisa batal julit? Julit kan disini konteksnya jalan unik tapi irit. Nah masalahnya waktu jalan ke Batu, Malang kita gagal irit. Secara kali ini ngejulitmya ditemani sama mama dan adik (ceritanya ambil cuti panjang pulang ke Surabaya) dan sekaligus liburan bareng keluarga. Jadi ga mungkin dong kalau aku memberi fasilitas ala-ala ke keluarga aku? (julit sih julit, jangan julit ke keluarga juga ya gengs). Tapi tenang aja gengs, liburan kali ini tetap ada sisi julitnya kok.


Starting point touring perjalanan kami dimulai dari Surabaya menggunakan 2 motor. Aku dibonceng adik dan mamaku naik motor sendiri (calon nenek gaul yang gamau kalah eksis dengan anak muda). Nah pasti kalian mikir jahat banget aku ga ngeboncengin mama? Atau aku yang naik motor sendiri terus adik yang bonceng mama ? gengs sebagai anak rantauan yang tidak dibekali motor di tanah rantauan aku ga terbiasa naik motor. Dan perjalanan touring dari Surabaya ke Malang membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam. Arahnya dari Surabaya terus ke Sidoarjo melewati Lumpur Lapindo Porong lanjut arah Pasuruan dan Lawang menuju Batu. Yuk ikutin liburan julit ala-ala aku dan keluarga.

1. Wisata gratis di Alun-Alun Kota Batu yang kreatif
Setelah melalui perjalanan panjang Surabaya – Batu, istirahatkan sejenak badan dengan duduk santai gratisan di alun-alun Kota Batu. Spotlight disini adalah bianglala. Dan ada bangunan berbentuk apel sesuai ciri khas kota Malang. Untuk fasilitas umum seperti toilet, mushola, dan ruang kesehatan juga tersedia gengs. Kece kok tempatnya, gretong lagi kan.




2. Menikmati sensasi hutan pinus di Omah Kayu
Lanjutkan perjalanan ke destinasi pertama yaitu Omah Kayu dan Paralayang. Thanks to Google Maps yang sudah menunjukkan kita jalan menuju Omah kayu and it’s work. Dengan tagline Omah Kayu – Not Just a Tree House, memang memberikan sensasi yang berbeda ketika kita tracking tipis-tipis cantik disana. Sebenarnya Omah Kayu merupakan tempat penginapan yang semalam harganya sekitar IDR 350K – 400K. Dan satu lokasi juga dengan wisata paralayang. Worth it dengan harga tiket masuk yang murah dan kita bisa menyegarkan mata dan paru-paru dari sesaknya hiruk pikuk Jakarta.











Omah Kayu dan Paralayang
HTM Wana Wisata Gunung Banyak IDR 10K/ orang
HTM Omah Kayu IDR 5K/ orang
Lokasi Jl. Songgokerto, Batu (Wisata Paralayang Gunung Banyak)

3. Tersesat di Labirin Coban Rondo
Tidak jauh dari Omah Kayu lanjutkan perjalanan ke arah air terjun Coban Rondo yang terletak di Pujon, Malang. Hirup udara sedalam-dalamnya dan rasakan aroma hutan pinus yang menyegarkan paru-paru. Sekitar 1 km dari pintu masuk nanti kita akan menemukan labirin raksasa. Lets play hide and seek gengs.





Labirin Coban Rondo
HTM IDR 15K/ orang
Lokasi Jl. Coban Rondo, Pandesari, Pujon, Malang

4. Seteguk coklat hangat di Dancok Malang
Di dalam kawasan wisata air terjun Coban Rondo terdapat cafe yang instagramable banget gengs yaitu Dancok Cafe Malang. Dancok? Jancok kali? Bukan gengs! Dancok singkatan dari Daun Coklat. Di cafe ini terdapat spot foto double hammock yng hits. Sayangnya kalau kita masuk ke Dancok Cafe ini harus bayar tiket lagi gengs. Dan agak sedikit kecewa waktu kita order menu. Kita pesen roti bakar coklat, jus stroberi dan coklat panas. Minumannya termasuk cepat untuk penyajiannya tapi roti bakarnya alemong deh. Lama banget. Masa untuk roti bakar cokat yang rasanya biasa aja butuh waktu 30 menit. Menurut review beberapa blog Dancok Cafe termasuk cafe yang recommended. Kalau menurut aku yang recommended adalah view nya, selebihnya untuk service, harga dan rasa makanan xoxo. Sorry to say but this is what i felt.







Dancok Cafe
Coklat Panas IDR 10K
Roti Bakar Cokalt IDR 12K
Jus Strawberry IDR 10K
HTM Dancok Cafe IDR 2.5K/ orang
Lokasi Jl Coban Rondo, Pandesari, Pujon, Malang

5. Snacking cantik di Omah Kitir Cafe
Karena kabut manja sudah mulai turun akhirnya kita memutuskan untuk mencari makan ringan di Kota Batu. Dan kami pilih Omah Kitir Cafe sebagai destinasi perut kami. Ditemani hujan rintik manja, dan background view gunung menjadikan suasana lebih syahdu. So far Omah Kitir Cafe give me such a great service and unforgettable moment to share with you gengs. Really wrth it and recommended cafe in this town.






Omah Kitir Cafe
Supremo Small IDR 30K
Sweetherbs Chicken Wings IDR 22K
Ice Cream 1 Scoop IDR 8K
Single Espresso IDR 12K
Klappertart Original IDR 20K
Alamat Jl. Ridwan No. 1 Batu

6. Check in hotel view gunung di De Wahyu Hotel and Convention
Perut kenyang ngantukpun datang. Akhirnya setelah sedikit kenyang, kami booking hotel via aplikasi booking.com. kenapa booking.com? Karena dibanding aplikasi pencarian hotel yang lain, di booking.com menurutku lebih murah dan pilihan hotelnya lebih banyak, selain itu fleksibel untuk pilihan pembayaran bisa menggunakan kartu kredit atau sewaktu check in. Dan akhirnya aku pilih De Wahyu Hoteland Convention. Selain hotelnya dekat dengan Omah Kitir Cafe, lokasinya juga mudah untuk dicari karena di pinggir jalan raya dan dekat dengan Balaikota Batu. Hotel bintang tiga ini berkesan mewah dengan design minimalis modern. Fasilitas juara disini adalah kolam renang dan free breakfast nasi goreng yang lumayan enak. Toiletnya bagus, shower air dingin dan air panasnya berfungsi dnegan baik tapi kok kayanya banyak kaporitnya ya. Sayangnya service nya kurang memuaskan. Tidak ada penyambutan yang ramah, dan orang keluar masuk hotel juga lalu lalang seenak jidat jadi berasa masuk ke dalam kos-kosan elite. Dan beberapa bagian hotelnya kurang terawat dengan baik. Sayang kan hotelnya bangunannya kekinian banget tapi ga di maintain dengan baik. Free wifi tapi wifi nya lemot. Ah elah. Semoha management De Wahyu Hotel bisa makin meningkatkan service hotel kedepannya.











De Wahyu Hotel and Convention
Family Superior Room IDR 506.210
Lokasi Jl. Panglima Sudirman No. 85 Batu

7. Makan Malam di Pupuk Bawang Cafe
Tutup harimu dengan ajak makan malam keluargamu di Pupuk Bawang Cafe. Cukup jalan kaki 15 menit dari De Wahyu Hotel melewati Balaikota batu sampai deh di Pupuk Bawang Cafe. Yang khas dari resto ini adalah Nasi Goreng Pupuk Bawang tapi menurutku diantara ketiga makanan yang kita pesan, menurutku yang paling recommended bukan nasi gorengnya malah, tapi Char Kwetiauw. Char Kwetiauw nya banyak banget seafood nya, ada udang, cumi, bakso, ah pokoknya banyak deh isinya dan enak banget. Cafe cozy, harga worth it dengan rasa dan porsi makanannya banyak, plus view kece arah. Recommended cafe deh pokoknya.





Pupuk Bawang Cafe and Dining
Char Kwetiauw IDR 40K
Chicken Katsu Donburi IDR 50K
Nasi Goreng Pupuk Bawang IDR 40K
Ice Tea IDR 12K
Lemon Tea IR 15K
Milkshake IDR 25K
Lokasi Jl. Panglima Sudirman No. 116 Batu

Sebenarnya kalau mau lebih julit lagi bisa kalian kurangi mungkin dari cafe yang coba 1 cafe aja terus makan di rumah makan biasa atau cari harga hotel yang lebih murah. Banyak banget kok gengs hotel di Batu yang harganya dibawah IDR 150K untuk keluarga, tapi disini konteksnya aku ingin menyenangkan mama dan adikku kan aku pulang juga jarang-jarang gengs.

Nah liburan bareng keluarga aku tetep ada sisi julitnya kan gengs. Tapi tidak menghialngkan esensi dari kumpul keluarga. Kalau kalian anak rantauan, pasti akan merasakan rindu yang tak terbendung dengan kebersamaan keluarga. Dan pada saat bertemu keluarga pasti tidak terpikir seberapa banyak uang yang kamu keluarkan untuk membuat mereka tersenyum, melainkan seberapa banyak quality time yang kalian dapatkan.

See you next julit gengs


You May Also Like

0 komentar