Tabungan emas, investasi jaman now demi jaman later.

by - Januari 10, 2018

Tabungan emas apaan tuh tan? Gimana caranya? Pake DP ga tan? 


Semua bermula dari iseng-iseng update snapgram tentang tabungan emas di pegadaian berujung dengan curhatan modal kewong *eeehhhhh. Sebenernya aku sering banget update snapgram tentang tabungan emas, pernah suatu ketika, aku update bawa sekantong recehan terus aku bawa ke pegadaian dan aku tabungin emas. Wait! Pegadaian kan tempatnya orang ngegadaiin barang? Kok malah nabung? Ok shay, enough basi-basinya, yuk cusss disimak tentang tabungan emasnya.

Tahu sendiri kan hari gini dikit-dikit duit, dikit-dikit update nongkrong di cafe, dikit-dikit belanja online, tapi kadang kita melupakan tentang investasi atau nabung. Mau nabung di bank bunga kecil biaya admin gede (meskipun sekarang ada beberapa tabungan yang membebaskan biaya admin maupun transfer seperti Jenius atau Digibank, nanti kita bahas next article). Nah maka dari itu Pegadaian memberikan solusi investasi mudah dan ringan, hanya dengan uang minimal 5000an aja kalian bisa tabungin emas. Jadi, tabungan emas itu adalah salah satu produk Pegadaian untuk investasi jaman now demi jaman later gengs.


Keunggulan tabungan emas menurut aku yang udah aku rasain sendiri adalah :
  1. Bisa buka tabungan emas di Pegadaian terdekat di seluruh Indonesia.
  2. Mudah dan ringan, lu punya duit 6000 lu bisa jadiin emas sekitar 0,01 gram. Kece kan!
  3. Jangan sepelekan uang recehan! Aku bawa sekantong recehan ke pegadaian dan mereka menghargai recehan tersebut, diitungin satu-satu, dan jadilah sekitar 0.28 gram emas di tabunganku.
  4. Lagi butuh uang? Mau cairin emasnya juga gampang dan menguntungkan.
  5. Investasi untuk menghindari inflasi. Karena emas dan tanah makin lama makin naik harganya. Berhubung belum bisa invest di tanah jadi invest di emas dulu aja.
  6. Males dateng ke pegadaian buat setor tunai? Bisa juga top up saldo tabungan emasmu lewat online dari BRI, BNI, dan Mandiri.
  7. Yang pasti di awasi OJK.

Gimana cara buka tabungan emasnya tan?
  1. Dateng aja ke Pegadaian terdekat bawa KTP asli yang masih berlaku terus bilang sama mas-masnya mau buka tabungan emas.
  2. Akan ada formulir permohanan pembukaan tabungan emas yang harus diisi dan ditandatangi beserta dengan biaya dan setoran awal.
  3. Biaya awal untuk buka tabungan emas adalah 52.000 selama 1 tahun, terdiri dari biaya admin 10.000, biaya titipan emas 30.000, dan materai 2 buah 12.000. (Aku genapin jadi 100.000 nanti sisanya dijadiin saldo awal tabungan emasku)
  4. Staff pegadaian akan mengirimkan kode OTP ke nomer hp mu untuk aktivasi. Gunanya adalah, agar tabungan emasmu bisa di cairkan di cabang Pegadaian terdekat. (Tapi karena aku niatnya untuk investasi jadi aku ga aktivasi nomer hp shay, sengaja, jadi ga mungkin kan gue balik ke surabaya buat cairin tabungan emas gue)
  5. Bukti kepemilikan tabungan emas berupa buku tabungan warna emas. 
  6. Beres deh sekarang tinggal kamu isi tabungan emasnya.

Simulasinya gimana tan? Masi bingung nih kok bisa jadi emas?
Nih gengs, aku kasi contoh dari tabunganku sendiri, masih sedikit sih, lama-lama bisa buat modal kewong insyaallah.


Ket (maaf ngacak abjad nya):
C. Dana yang kamu setorkan
B. Harga emas per 0,01 gram per tanggal tersebut
A. Uang yang kamu setorkan di konversikan ke emas
D. Total emas yang didapatkan

Kalau butuh dana gimana tan? Cairkannya ribet ga? Engga. Kalau kalian udah aktivasi no hp, kalian bisa cairkan di Pegadaian terdekat. Tapi kalau ga aktivasi no hp yaa di cabang Pegadaian pembuka. Kalau aku, tujuanku buka tabungan emas adalah untuk investasi jadi ga niat cairin, yaa ga aku aktivasi no hp ku. Jangan lupa bawa KTP yaa gengs. Udah itu aja. Minimal yang bisa di cairkan adalah 1 gram. 

Rugi ga sih tabungan emas itu? 
Jadi aku bukan tipe orang yang bisa nabung gengs. Ini kedua kalinya aku buka tabungan emas. Tabungan emas pertamaku itu seingetku yaa dapet sekitar 1.2 gram emas, terus aku cairin di cabang pembuka (karena aku ga aktivasi no hp). Kalau dihitung secara rupiah aku cuma naroh sekitar ga sampe 600.000 dengan nilai emas 1,2 gram. Tapi begitu aku cairin aku bisa dapet sekitar 650.000 kalau ga salah. Jadi mengikuti harga emas hari itu. Kalau emas naik ya kamu untung banyak. Kalau emas turun yaa kamu akan dapatkan ga jauh beda dari uang yang kamu setorkan. Paham ga ya kata-kataku? Pokoknya kaya gitu deh intinya. Yang pasti harga emas ga pernah turun drastis. 

Mending tabungan emas atau nyicil emas tan?
Hmmm, tadinya aku juga mikir buat nyicil emas aja. Tapi pilihanku jatuh di tabungan emas. Kenapa? Karena sistem nyicil emas itu semisal kamu pengen nyicil emas 20 gram. Kamu harus DP min 20% dan bisa kamu cicil maks 3 tahun. Tapi kamu ga bisa dapetin fisik emas itu sampe cicilanmu lunas. Dan kamu akan rugi karena harga emas itu kan di bungai per bulannya. Lagipula uang DP nya juga berat menurutku. Sedangkan kalau tabungan emas kamu sistemnya nabung, dan kamu bisa request untuk cetak emas ketika tabungan emasmu minimal 5 gram. Tapi balik lagi ke kalian prefer kemana. Kalau mau nyicil emas monggo bisa juga di Pegadaian atau Bank Mandiri Syariah disitu ada program cicil emas gengs.

Last but not least, aku beneran ga di endorse pihak Pegadaian loh ini. Pure dari aku sendiri yang merasakan manfaat dari tabungan emas (eh tapi kalau di endorse Pegadaian beneran gpp kok aku mauuuu banget). Emakku aja aku suruh buka tabungan emas. Dulu pegadaian identik dengan orang yang menggadaikan barang karena butuh uang. Sekarang di pegadaian pun juga bisa untuk investasi lewat tabungan emas. Jaman makin edan shay, yuk invest biar ada tabungan buat jaman later. Kali-kali aja bisa buat tambah bayar catering waktu resepsi dan biar makin disayang calon mertua. Tante aja nabung emas, masa kamu yang suka mas-mas ga nabung emas???

You May Also Like

9 komentar

  1. Bener bangeeet, stabil tabungan emas

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Mauu ikutannnn..
    Lumayan buat modla nikah.

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah dah hampir setahun nabung emas jg di pegadaian, moga2 bisa ada rezeki terus biar makin gede tabungan emasnya :D

    BalasHapus
  5. Aku juga nasabah tabungan emas pegadaian. Mau rajin rajin nabung emas, untuk masa depan.. hihihu

    BalasHapus