Puasa Lancar, Bau Mulut Terhindar

by - Mei 25, 2018


Sadar ga sih sekarang tante jarang pasang foto nyengir? Apalagi waktu bulan ramadhan gini terus puasa, terus bau mulut, ahelah makin-makin deh ga mau foto nyengir ngeliatin gigi
Nah kebetulan kemarin hari minggu tanggal 20 Mei 2018, tante menghadiri sharing session "menjaga kesehatan gigi dan mulut saat bulan ramadhan" bersama drg. Atikah Sabrina Alyani. Berlokasi di Kopka Coffee Margonda Depok, 30 peserta menghadiri event ini sekaligus buka bersama. Yuk tante mau berbagi ilmu yan tante dapat sewaktu sharing session kemarin.


Kelainan di rongga mulut :

  1. Gigi berlubang
  2. Karang gigi (kalkulus) akibatnya : radang gigi, gigi goyang, gigi tanggal
  3. Resesi gusi dan abrasi gigi, penyebabnya : sikat gigi terlalu keras, cengkraman kawat gigi tiruan (abrasi). Akibatnya : gusi turun ke arah akar, struktur gigi tampak terkikis
  4. Sariawan, penyebabnya : cedera trauma, kurang Fe dan B12, hormonal
  5. Bau mulut (halitosis) penyebabnya : penyakit gigi dan mulut, mulut kering, gangguan saluran pencernaan, infeksi saluran pencernaan, sinusitis, diabetes, dll.


Menjaga kesehatan gigi dan mulut :
  1. Menyikat gigi
  2. Menggunakan obat kumur (maks 3x seminggu, gunakan yang tidak mengandung alkohol/ alkohol ringan)
  3. Menyikat lidah
  4. Menggunakan benang gigi
  5. Banyak minum air putih, makan sayur dan buah
  6. Kontrol ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali
Pemilihan sikat gigi :

  1. Bulu sikat lembut dan rata
  2. Gagang sikat lurus
  3. Ujung kelapa sikat mengecil/mengerucut
  4. Ganti sikat gigi maks 2 bulan sekali

Gerakan menyikat gigi 2x sehari memutar, menarik dan menyungkil (masing-masing gerakan 10x)
Tips saat puasa :
  1. Jaga kebersihan mulut
  2. Minum air putih 8-10 gelas saat sahur dan berbuka
  3. Hindari makanan berbau menyengat (durian, jengkol, petai)
  4. Perbanyak konsumsi buah dan sayur
  5. Kurangi makanan manis dan lengket
  6. Tidak merokok, minum kopi, minum alkohol
  7. Minum teh hijau
  8. Konsul ke dokter gigi

Nah gimana gengs, dapet pencerahan banget khaannn biar puasa kita tetap lancar dan bau mulut terhindar?? Hmmmm




Oh iyaa, venue-nya sendiri berlokasi di Kopka Coffee Margonda Depok, meskipun tempatnya kecil tapi suasananya cozy banget gengs. Dan yang membuat beda dari kedai kopi yang lain adalah adanya mini mushola. Untuk harga makanan dan minuman di Kopka Coffee ini juga standar harga mahasiswa (mungkin karena dekat dengan universitas juga). Kemarin aku pesen rice bowl ayam harga 15rb, murah enak kenyang wkwk.Kapan-kapan kalian harus cobain ngopi syantiek disini deh.


Alhamdulilahnya, pulang dari sharing session ini kita bawa goodie bag yeaayyyy isinya 2 kotak makanan dari claris warna hijau dan pink (lucu banget, sama 1 botol aloevera dari ngejamu, dan takjil. 

Kalau kotak makan dari claris udah banyak yang tau lah ya dengan kualitas dabest harga dabest jugaa. Nah kalo ngejamu? Tante baru denger sih. Tapi ternyata ngejamu ini udah go tv nasional, loh pernah diliput sama NET juga. Produk-produk ngejamu sendiri fokus ke health and beauty product dimana product beauty ngejamu sendiri juga menjual face mask dan coconut oil. Face mask berbagai varian gengs ada tomat, kacang hijau, wortel, alpukat, manggis, bengkoang dan pisang. Nah kebetulan kemarin juga ngejamu memperkenalkan product baru yaitu aloevera gel yang lagi hits itu. Ga kalah deh sama aloevera product lain. 




Acara ini selain didukung oleh claris dan ngejamu, juga didukung oleh mothersoncommunity. Sisterfillah sebagai community partner dan dream.co.id sebagai media partner. Keren deh pokoknya berfaedah banget, banyak banget ilmu yang tante dapat dan bisa tante bagikan ke kalian semua. 
Kepoin medsosnya gengs
Kopka coffee margonda depok : @kopka.id
Ngejamu : @ngejamu
Claris : @clarishome
Dream : @dreamcoid
Sisterfillah : @sisterfillahcom
Motherson community : @mothersonmission.id

Lancar puasanyaa ya gengs, see you next julit.

You May Also Like

1 komentar