Selasa, 05 Mei 2020

Makanan yang Wajib di Konsumsi Ibu Hamil Trimester Awal


Dear Calon Mommy
I’m super excited waow. Calon anak pertama, trimester awal, sumpah aku lagi excited banget ini sama kehamilan aku. Masih mual-mual doang tapi aku kan juga harus memberi makanan janinku dengan nutrisi sesuai ibu hamil agar calon anakku bisa lahir lengkap, sempurna, tumbuh dan berkembang jadi anak pintar dan beruntung, sholeh sholehah aamiin yaa allah. Maka dari itu aku searching lah makanan yang wajib dikonsumsi mommy sewaktu hamil di trimester awal. Nah ini dia mom :

1. Mengandung Asam Folat

Asam folat merupakan salah satu nutrisi penting dalam pembentukan sel otak bayi. Suplemen prenatal (masa sebelum kelahiran) dengan asam folat, penting bagi kecerdasan Si Kecil meski dalam kandungan. Mommy yang mengonsumsi asam folat empat minggu sebelum kehamilan dan delapan minggu setelah kehamilan, bisa meminimalkan risiko autis pada bayi sebanyak 40 persen. Asam folat bisa mencegah keguguran, mencegah anemia, hingga menurunkan risiko preeklamsia. 
Nah, mommy bisa kok mendapatkan asam folat dari sayuran hijau (bayam, brokoli, kubis), buah-buahan (alpukat, pepaya, jeruk), kacang-kacangan, hati sapi, hingga telur.

  1. Mengandung Protein

Protein adalah makanan untuk trimester pertama yang tidak boleh ketinggalan. Protein punya peranan penting dalam membantu proses pembentukan jaringan tubuh pada mommy dan bayi selama masa kehamilan. Tidak hanya itu, protein bisa membantu mommy untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga mommy tidak mudah mengalami sakit. Makanan yang mengandung protei misalnya daging tanpa lemak, ikan, telur, dan unggas. Jenis-jenis ikan seperti salmon dapat menjadi sumber vitamin D yang baik bagi mommy dan janin didalam kandungan. Kandungan zink dan Vitamin B pada daging juga sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh dan membantu pembentukan sistem syaraf dan sel darah merah.

  1. Mengandung Zat Besi

Makanan kaya zat besi bertujuan untuk mencegah terjadinya anemia.  Karena anemia bisa memicu berbagai masalah bagi janin, salah satunya kelahiran prematur. Kok bisa? Anemia membuat sel darah merah atau hemoglobin menurun. Kondisi ini ujung-ujungnya bisa menyebabkan peningkatan volume plasma dan mengakibatkan kontraksi pada rahim.
Selain itu, zat besi juga bermanfaat untuk membawa darah yang kaya akan oksigen pada bayi di dalam kandungan. Awas, kekurangan zat besi juga bisa berdampak negatif pada IQ anak kelak. Ringkas kata, selain asam folat, zat besi termasuk yang berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan otak janin.
Nah, mommy bisa mendapatkan asupan zat besi dari daging sapi dan unggas, telur, makanan laut (hati-hati terhadap makanan mentah, dan yang banyak mengandung merkuri), tahu, biji-bijian, kacang-kacangan, bayam, hingga telur.
Oh iya, telur juga mengandung kolin sebagai nutrisi penting untuk kesehatan otak dan perkembangan janin.

  1. Makanan Kaya Serat

Serat bisa membantu ibu untuk mengontrol kenaikan berat badan dan mencegah preeklamsia. Serat bisa membantu untuk menurunkan risiko diabetes gestasional. Serat bukan cuma merangsang perkembangan janin saja. Nutrisi ini juga bisa membantu mencegah bumil mengalami konstipasi alias masalah buang air besar. Makanan yang berserat mulai dari buah segar, kacang-kacangan, biji-bijian, hingga, sayur-sayuran yang dimasak. Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung dan brokoli yang kaya vitamin C, vitamin A, vitamin K, kalsium, zat besi, kalium dan anti oksidan.
Jenis kacang-kacangan seperti buncis, kedelai, kacang polong dan kacang tanah mengandung asam folat, protein dan kalsium yang berguna untuk mengurangi risiko penyakit dan cacat pada bayi saat dilahirkan. Selain itu, mommy juga bisa menjadikan kacang mede dan kacang almond sebgai cemilan selama awal kehamilan

  1. Susu atau Produk Olahan Susu

Susu atau produk olahannya kaya beragam nutrisi yang dibutuhkan mommy di trimester pertama kehamilan. Sebut saja protein, vitamin D, iodium asam folat, hingga kalsium. Di trimester pertama mommy dianjurkan untuk mengonsumsi produk olahan susu yang kaya kalsium. Kalsium ini baik untuk mommy dan pertumbuhan tulang janin.

  1. Lemon atau Air Kelapa

Lemon dan air kelapa bisa menjadi pilihan bagi mommy yang sering mengalami mual di trimester pertama kehamilan. Menariknya lagi, air kelapa membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi.
Selama trimester awal ini, hindari mengonsumsi makanan mentah, setengah matang, dan yang belum dipasteurisasi.
Saat mengonsumsi makanan laut, Anda harus berhati-hati karena ada beberapa jenis seafood yang terkontaminasi merkuri, zat yang bisa merusak sistem saraf janin. Seafood yang harus dihindari oleh ibu hamil muda antara lain adalah ikan tongkol, ikan kakap putih, dan ikan makarel.

Nah gimana pencerahannya ?? Semoga ga salah makan yaa mom wkwkwk. Tau ga aku nulis artikel ini karena penasaran kan makanan apa aja yang wajib dikonsumsi dan sebelum aku nulis artikel ini aku makan tongkol dengan lahapnya. Ternyata justru tongkol dilarang dimakan wkwkwk. Jadi semoga bisa membantu mommy seperjuangan yaa agar bayi sehat selamat sempurna aamiin

See you on my next julit gengs



Sabtu, 02 Mei 2020

Bacaan Quran Sewaktu Hamil

Dear sister and brader onlineku

Yeaahhh alhamdulilah I will be mommy soon. And right now, aku lagi mempersiapkan baik secara mental maupun fisik agar dari masa kehamilan sampai persalinanku lancar. Calon anakku bisa lahir sehat, sempurna, tidak kurang suatu apapun, pinter, sholeh sholehah, berbakti kepada orang tua, berguna bagi nusa dan bangsa, dan menjadi anak yang beruntung di dalam semua aspek kehidupannya. Aamiin yaa Allah.

Nah maka dari itu sejak masa kehamilan (btw aku baru 1 minggu sih) aku harus banyak mengamalkan bacaan Quran. Aku searching surat-surat Quran yang dibaca sewaktu hamil dan akhirnya aku simpulkan sendiri menurut analisaku dan aku ingin share ke kalian semua sister and brader onlineku surat apa saja yang aku baca sehari  hari . Karena ketika hamil mommy sangat dianjurkan lebih banyak beribadah dan berdoa agar kelak calon anak yang dikandung bisa terlahir sesuai dambaan orang tua.


Berikut aku rangkum Surat Al Quran yang insya allah aku amalkan dan aku baca

1. Al Fatihah

Al Fatihah dikenal juga dengan sebutan Ummul Quran termasuk salah satu surat paling mulia. Membaca Al Fatihah merupakan syarat sah-nya sholat. Surat Al Fatihah diyakini bisa menenangkan hati dan menguatkan daya ingatan. Karenanya, surat ini dianjurkan untuk sering dibaca oleh mommy yang sedang hamil Agar kelak anak yang dikandung memiliki ketenangan hati dan daya ingat yang kuat.

Surat pertama dalam Al Quran ini memang dikenal sangat ampuh dalam segala hal. Selain membaca surat ini saat sholat, mommy bisa membaca Surat Al Fatihah sebanyak 7 kali kemudian ditiupkan pada bagian perut agar rasa sakit yang mommy alami selama masa kehamilan bisa mereda

2. Ayat Kursi

Membaca ayat kursi bisa menjadikan amalan baik yang bisa mommy lakukan saat sedang hamil. Mommy bisa membacanya 2x saat pagi dan sore hari, juga saat selesai solat fardhu dan ketika ingin tidur. Mommy akan merasa ketenangan dalam hati dan tidak merasa cemas yang berlebihan.

3. Al Baqarah 285 - 286

Membaca dua ayat terakhir dari surat Al Baqarah juga dikatakan ampuh dalam menjaga mommy dari apapun. Terlebih ketika hamil muda yang rentan akan sesuatu yang berbahaya. Mommy bisa membaca dua ayat ini pada sore hari atau ketika mau tidur. Doa ini sangat bermanfaat dan ampuh agar mommy selalu dicukupi dan dijaga dari segala sesuatu marabahaya.

4. Yusuf

Nabi Yusuf dikenal sebagai Nabi yang paling rupawan dan berperilaku mulia, nabi yang memiliki rupa paling elok. Dalam banyak riwayat disebutkan bahwa kerupawanan Nabi Yusuf membuatnya dikagumi dan mahsyur di masanya. Banyak yang percaya jika membacakan surat Yusuf ketika masa kehamilan akan mendapatkan anak yang rupawan bisa serupawan dan memiliki akhlak mulia layaknya Nabi Yusuf.

5. Maryam

Surat ke -19 yang terdiri dari 89 ayat ini sering dibaca mommy yang sedang hamil. Surat Maryam bercerita banyak mengenai perjuangan Siti Maryam dalam melahirkan Nabi Isa. Banyak yang mengatakan bahwa dengan membaca atau memperdengarkan surat Maryam agar dimudahkan dalam proses persalinan hingga doa - doa yang dipanjatkan agar anak kelak bisa berbakti kepada orang tua.

6. Luqman

Pada surat Luqman, diceritakan tentang bagaimana Luqman mendidik anaknya. Surat ini juga menjelaskan secara jelas bahwa anak adalah tanggung jawab orang tua dan dididik dengan benar. Untuk itu bagi mommy diharapkan untuk membaca surat ini karena dipercaya kelak akan lahir dengan akal dan jiwa yang cerdik serta pandai.

7. Yasin

Surat Yasin merupakan surat ke - 36 yang berisikan 83 ayat. Surat ini menjelaskan bahwa jika mommy ingin memiliki anak yang tenang hatinya dan jauh dari godaan setan, maka sangat disarankan untuk sering membaca surat Yasin ketika bayi dalam kandungan.

8. Ar Rahman

Banyak sekali keutamaan surat Ar Rahman mulai dari meningkatkan keimanan, mendapat nikmat dari Allah, selalu bersyukur, dan lainnya. Pada mommy yang sedang hamil surat Ar Rahman dapat memperlancar proses persalinan.

9. Al Waqiah

Abis baca Ar Rahman langsung lanjut baca Al Waqiah biar klop. Manfaat Al Waqiah sendiri yang paling dikenal adalah dijauhkan dari kemiskinan, memperoleh kekayaan berlimpah dll. Untuk mommy yang sedang hamil sendiri agar bisa melahirkan secara lancar dan mudah tanpa ada halangan yang berarti.

10. Al Insyirah

Lebih dikenal dengan surat Alam Nasroh. Bacakan 7x setiap ba'da sholat Maghrib dan ditupkan ke perut mommy. Khasiat surat ini diantaranya obat dari segala macam penyakit, dijauhi dari godaan setan dan jin, Allah akan mengirimkan 70.000 malaikat untuk mommy dan masih banyak lagi yang bisa melindungi mommy yang sedang hamil dari godaan setan dan marabahaya.

11. 3 Surat Terakhir dalam Al Quran

Surat Qulhu aku menyebutnya. Al Ikhlas, Al Falaq, An Nas. sebagai penutup bacaan surat harian.

Nah saat mommy sedang hamil disunahkan membaca surat-surat tersebut pada masa kehamilan. Adapun amalan bacaan surat saat memasuki kandungan
- Bulan kesatu, kedua dan ketiga disunahkan membaca surat Muhammad dan Luqman Kedua surat tersebut insya allah akan membuat baik akhlak anak.
- Bulan keempat, kelima, dan keenam disunahkan membaca durat Yusuf atau Maryam. Surat Yusuf untuk anak laki-laki agar insya allah baik rupa dan paras serupawan Nabi Yusuf. Surat Maryam untuk anak perempuan.
- Bulan ketujuh, kedelapan, dan kesembilan disunahkan membaca surat Ar Rahman agar mempermudah proses persalinan

Itulah bacaan surat Al Quran yang baik dibaca oleh mommy agar janin selalu dalam lindungan Allah dan dijadikan calon anak sesuai dambaan mommy. Mommy juga harus sering dzikir agar selalu merasa tenang dalam keadaan apapun. Semoga kehamilannya lancar dan sehat yaa mommy.

See you on my next julit gengs