Minggu, 28 Februari 2021

MASKNE?? Siapa Takut!!! Ini Trik Mencegah dan Mengatasinya


Sudah 1 tahun pandemi melanda negeri, dan setiap melangkah kita selalu menerapkan protokol kesehatan 3M. Menjaga jarak, Mencuci Tangan, dan Memakai Masker. Tapi memakai masker menimbulkan masalah yang baru terhadap kesehatan kulit dan menyebabkan timbulnya maskne atau masker acne. 

Apa itu maskne ???

Maskne adalah jerawat yang timbul karena kulit wajah yang tertutupi oleh masker, seperti pada dagu, pipi bagian bawah, hidung dan sekitaran mulut. Apabila dibiarkan dan tidak diatasi, maskne akan meninggalkan bekas pada kulit wajah


Kenapa maskne bisa muncul ???

1. Peradangan kulit 

2. Gesekan kulit dengan masker 

3. Penggunaan masker yang tidak tepat

4. Hawa panas yang terjebak di masker 

Bagaimana cara mengatasi maskne ???

1. Jangan malas ganti masker

Kebiasan kita yang paling sering adalah malas mengganti masker. Pasti pernah kan di suatu waktu kita menggunakan masker yang itu-itu aja tanpa pernah di ganti ataupun dicuci??? nah kebiasaan ini jangan dibiasakan lagi yaa. Mungkin karena kamu malas ganti masker ini penyebab maskne mu. 

2. Jaga kebersihan wajah

Rajin cuci muka, rajin membersihkan make up, rajin mengganti sarung bantal. Loh apa hubungannya mengganti sarung bantal dengan kebersihan wajah?? Sarung bantal itu kan media yang menempel di wajah kita selain masker. Ada banyak bakteri yang menempel di sarung bantal sewaktu tidur dan kita harus rajin mengganti sarung bantal tersebut.

3.  Make up simple 

Semenjak pandemi, wajah kita tertutup masker, Alhasil bagian wajah yang terlihat adalah mata. Sebisa mungkin kurangi pemakaian heavy make up seperti menggunakan foundation. Coba tonjolkan bagian mata terutama menggunakan pensil alis, eyeliner dan maskara. Agar bagian pipi yang tertutup masker tidak mudah meradang akibat heavy make up.

4. Asupan gizi dan nutrisi

Minum air putih yang cukup min 8 gelas sehari. Kurangi makan makanan yang berminyak agar tidak menimbulkan jerawat. Perbanyak makan sayur dan buah. Terapkan pola hidup dan pola makan yang sehat.

5. Konsultasi ke dokter kulit

Bila jerawat belum membaik, silahkan konsultasikan ke dokter spesialis kulit terdekat.

Lebih dekat dengan dr. Sonia Hanifati SpDV

Dr. Sonia Hanifati merupakan dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. dr. Sonia juga merupakan Co-Founder dari @thegoodchem serta aktif berpraktik di RS Budi Kemuliaan @rsbudikemuliaan Bamed Skincare @bamedskincare dan @dermatoven

Buat kamu yang tinggal di Ibukota dan sekitarnya, dr. Sonia Hanifati bisa jadi salah satu pilihan dokter spesialis kulit dan kelamin terbaik loh. Karena dengan semua kemampuan dan keahlian di bidangnya dr. Sonia Hanifati ini siap membantu kamu yang memiliki masalah dengan kulit dan memberikan solusi terhadap keluhan kulit wajahmu apalagi berhubungan dengan maskne


Treatment yang disediakan

1. Meresepkan obat oles maupun minum sesuai tingkat keparahan acne

2. Ekstraksi komedo

3. Chemical peeling

4. Laser NdYAG - terutama untuk bekas jerawat yang berwarna gelap

5. Laser CO2 - bekas jerawat berupa tekstur (bopeng)

6. Subsisi - bopeng yang dalam

dan masih banyak yang lainnya


More info

Profile https://linktr.ee/soniahanifati

Blog soniahanifati.id

Instagram @thegoodchem

Website thegoodchem.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar